Obat Alami Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek merupakan salah satu penyakit yang bisa dikatakan musiman karena pada musim pancaroba ( perubahan musim dari penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya) banyak dari kita baik orang dewasa maupun anak-anak yang menderita batuk dan pilek. Dan yang sering terjadi yaitu jika salah satu dari kita terkena batuk dan pilek maka seluruh orang yang serumah juga akan mengalami juga batuk dan pilek, bisa secara bersamaan maupun bergantian. Bisa juga hanya menderita batuknya saja atau pileknya saja.

*Gejala Batuk Pilek ( Flu )*

Biasanya diawali dengan terasa linu pada seluruh persendian, panas dingin, badan meriang, badan terasa lemas dan lesu, dilanjut dengan bersin bersin dan hidung sering tersumbat juga banyak mengeluarkan lendir, ya seperti itulah gejala gejala kita sedang mengalami pilek ( Flu ). Setelah beberapa hari biasanya dilanjut dengan batuk. Tetapi ada juga yang datangnya batuk lebih dulu daripada pileknya.

Beberapa cara untuk mencegah keparahan gejala pilek dan flu antara lain:

*A. Begitu merasakan gejala awal*

1. Mulai memperbanyak minum air putih atau jus

Minum lebih banyak air atau jus dapat untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat

2. Berkumur dengan air garam

Untuk meredakan tenggorokan gatal tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Garam dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan.

3. Pastikan hidung bersih dan tidak mampet

Bersihkan selalu hidung dari lendir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hal tersebut dapat mencegah perkembangan gejala lebih lanjut. Sebaiknya juga mandi dengan air hangat.

*B. Dalam dua jam pertama*

Tidak harus mengonsumsi obat yang dijual bebas bisa juga madu. Madu dapat berguna untuk meredakan gejala pilek, konsumsi 1 sampai 2 sendok makan madu secara langsung atau dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Sehingga tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Air jahe dan sup hangat juga banyak membantu.

*C. Selama enam jam berikutnya*

1. Lebih banyak beristirahat

Tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik jika tubuh telah beristirahat dengan cukup. Untuk menjaga dari berbagi kuman, maka cuci tangan secara teratur.

2. Terus menyeimbangkan asupan cairan

Terus minum banyak air, jus, teh, atau dapat dengan makan sup ayam untuk makan siang.

3. Melakukan latihan fisik ringan

Latihan fisik ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

*D. Sehari setelahnya*

Diet sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah menu makan malam dengan makanan yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian tidur dengan kulitas yang baik dan waktu yang cukup.

Hindari obat batuk pilek pada bayi :FDA, badan obat-obatan amerika serikat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan statement tentang menghindari obat-obatan khususnya bagi anak berusia 2 tahun kebawah. Memang publikasi dan promosi obat-obatan kimia tentang penggunaan obat batuk, pilek, demam atau yang dikenal common cold ini sangat gencar.

Dalam informasinya juga diberika tips untuk mengatasi batuk pilek untuk anak usia 2-11 tahun

* Obat yang diberikan pada dasarnya tidak akan menyembuhkan batuk pilek, tetapi mempersingkat waktu dan untuk menghilangkan gejalanya saja.

* Lihatlah bahan aktif yang terkandung pada label, dan pelajari gejala yang muncul pada anak

* Berhati-hati untuk memberikan lebih dari 1 jenis obat. Hal ini berpotensi memberikan zat aktif yang sama sehingga mengakibatkan over dosis

* Pastikan mengikuti aturan dan petunjuk pemakaian

* Untuk bayi berikan ASI dan asupan yang cukup

* Perhatikan kebersihan, dan hindarkan dari orang yang terkena batuk pilek

* Jika kondisi tidak membaik dalam 3 hari, konsultasikan dengan dokter andaPesan lainnya adalah jika anda berkonsultasi dengan dokter, perawat, dan apoteker, pastikan menanyakan bagaimana pengguanaan obat tersebut khususnya untuk anak dibawan 2 tahun. Semoga sehat selalu.
Makanan Sehat cegah datangnya flu dan pilekMusim pancaroba seperti sekarang, flu dan pilek adalah penyakit yang paling sering menyerang. Gejala flu seperti hidung tersumbat, meler, batuk serta demam tentunya sangat mengganggu aktivitas. Makanan tertentu dapat mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan pilek dan flu.

Dilansir Livestrong, beberapa makanan yang dapat meredakan gejala pilek dan flu:

*1. Cairan hangat*

Cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan gangguan pernapasan yang terkait dengan pilek dan flu. Cairan hangat juga dapat melonggarkan lendir serta membantu menghalau virus dari sel-sel tubuh. Kaldu, sup dan teh hangat adalah pilihan yang sangat efektif untuk meredakan gejala flu.

*2. Cabai rawit*

“Cabai rawit segar dapat membantu Anda meringankan gejala flu dan pilek,” tulis Dr James Balch dan Phyllis Balch dalam bukunya Prescription for Nutritional Healing.
Capsaicin yang terdapat di cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi, memberikan nutrisi dan vitamin untuk sel yang terinfeksi. Panas capsaicin juga dapat membantu mengurangi sumbatan di dada dan rongga hidung.

*3. Jahe*

Jahe mengandung senyawa antivirus yang dapat membantu menghancurkan virus yang menyebabkan influenza dan pilek. Makanan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung produksi senyawa antibakteri serta antivirus alami.

*4. Zinc*

Makanan yang mengandung banyak zinc dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala pilek dan flu. Kacang, buncis, makanan laut (seafood), daging merah, telur dan kedelai merupakan makanan yang menjadi sumber zinc.

*5. Bawang putih*

Bawang putih mengandung senyawa kimia yang menawarkan sifat antibiotik yang kuat dan juga antivirus. Senyawa ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan virus pilek dan flu. Bawang putih juga dapat meningkatkan sirkulasi, membantu sistem peredaran darah, serta memberikan nutrisi penting seperti oksigen dan hidrasi pada sel-sel tubuh.

*Obat alami batuk pilek*

Untuk batuk pilek obat alami atau herbalnya terdiri dari kencur dan jahe
yang diparut, lalu diberi air panas dan jangan lupa untuk disaring. Setelah disaring dicampur dengan madu
secukupnya kemudian diminum selagi masih hangat. Akan lebih baik jika sekali minum habis. Jika untuk anak anak ataupun bayi jahenya jangan terlalu banyak, kalau untuk dewasa 1:1 maka untuk anak anak 1:1/2 yaitu 1 untuk kencur dan 1/2 untuk jahenya. Itupun besarnya kencur kira kira satu ruas jari kelingking (sebesar kuku jari kelingking) orang dewasa.

Dengan ramuan tersebut lendir akan mudah keluar sehingga batuk dan pileknya akan reda ditambah fungsinya madu untuk menjaga atau mengembalikan stamina dan membantu daya tahan tubuh tetap stabil.

Untuk bayi yang minum ramuan tersebut setelah beberapa saat akan mengeluarkan lendir dengan muntah ataupun ada juga yang berak disertai keluarnya lendir.

Anak anak pasti akan merasa terganggu dan bahkan kesakitan jika mengalami batuk pilek. Berikan motifasi dan semangat dengan mengatakan " Besok sembuh nak ya " atau "Gapapa besok sembuh kok" sampai anak tersebut merasa bahwa sakit yang dilaminya bukan masalah besar dan cepat sembuh.

0 komentar:

Post a Comment