Liverpool dijungkalkan OLdham


 Jalannya pertandingan Oldham Athletic vs Liverpool (Foto: Reuters)

OLDHAM – Liverpool tak berdaya menghadapi klub divisi tiga, Odlham Athletic setelah kalah 3-2 di babak keempat ajang FA Cup, Senin (28/1/2013) dini hari WIB. Hasil itu sekaligus membuat The Reds tersingkir dari turnamen sepakbola tertua di dunia itu.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru berjalan dua menit, Liverpool dikejutkan oleh gol Oldham yang dicetak lewat tandukan Matt Smith. Gol yang sontak nyari membuat permainan The Reds sedikit limbung.

Namun, perlahan Liverpool mulai menemukan ritme permainan mereka untuk mendominasi. Sayangnya, meski menguasai bola, tim asuhan Brendan Rodgers ini kesulitan mendapat peluang bagus.

Malah Oldham yang memiliki kesempatan pada menit ke-14 lewat Baxter yang memanfaatkan umpan Smith, tapi bola masih menyamping. Akhirnya pada menit ke-17 Liverpool berhasil menyamakan kedudukan 1-1 ketika Luis Suarez yang menyisir sisi kiri pertahanan Oldham sekaligus memperdaya kiper Dean Bouzanis.

Liverpool nyaris memimpin 2-1 pada menit ke-24, sebelum gol Suarez yang menerima umpan dari Jordan Henderson dianulir wasir karena dianggap offside. Dua striker The Reds, Daniel Sturridge dan Suarez begitu diandalkan dalam menjebol gawang Oldham, tapi usaha mereka berulangkali menemui kegagalan.

Serangan terus dilancarkan Liverpool, termasuk ancaman lini kedua yang berasal dari Raheem Sterling dan Henderson. Smith hampir mencetak gol keduanya dalam laga ini ketika pada menit ke-45 tandukannya diblok Brad Jones.

Dan Smith kembali merobek jala Jones pada menit 45+2 untuk membawa Oldham memimpin 2-1 di babak pertama dengan memanfaatkan umpan Simpson. Gol itu sekaligus menjadi penutup 45 menit pertama.
 
Babak kedua
Mengawali 45 menit kedua, lagi-lagi Oldham mampu memanfaatkan ketidaksiapan Liverpool. Pada menit ke-48, Reece Swabara membuat tuan rumah memimpin 3-1 ketika sukses menyelesaikan assist Winchester.

Tertinggal 3-1 tentu bukan hal yang diharapkan Liverpool, mengingat Oldham hanya berasal dari divisi ketiga Inggris atau League One. Klub Merseyside ini pun memasukkan sang kapten Steven Gerrard dan Stewart Downing untuk mengejar ketertinggalan.

Tekanan terus dilancarkan para pemain Liverpool, Gerrard, Suarez, Downing dan Sterling bergantian mengancam gawang Oldham. Tapi, pemain belakang tuan rumah, Cliff Byrne tampil cemerlang dengan beberapa kali menggagalkan peluang yang dimiliki The Reds.

Suarez kembali mendapat kesempatan pada menit ke-68, namun kiper Bouzanis lagi-lagi menjadi penyelamat. Bukan hanya itu, pertahanan Oldham juga sulit ditembus oleh punggawa Liverpool, yang seolah kehilangan sentuhan mereka pada laga ini.

Akhirnya Liverpool mampu memperkecil ketinggalan pada menit ke-80 lewat Joe Allen dengan memanfaatkan sepak pojok Suarez. Gol itu membuat skor sementara menjadi 3-2 untuk keunggulan Oldham.

Gol itu tentu saja membuat semangat para pemain The Reds bangkit, serangan kian gencar dilakukan tim asuhan Brendan Rodgers. Dengan waktu tambahan enam menit yang diberikan wasit, Liverpool tetap tak mampu menjebol gawang Oldham untuk menyamakan kedudukan.

Dengan kekalahan 3-2 ini Oldham berhasil melaju ke babak kelima FA Cup, sedangkan Liverpool untuk pertama kalinya sejak 1993 di ajang FA Cup tersingkir dari klub yang berada dua divisi di bawahnya.

Susunan pemain kedua tim:
Oldham: Bouzanis; Wabara, Byrne, Mvoto, Grounds; Croft, Wesolowski, M'Changama (Winchester 10), Simpson (Taylor 78); Baxter, Smith (Mellor 84).

Liverpool: Jones, Wisdom (Gerrard 56), Coates, Skrtel, Robinson; Allen, Henderson; Sterling (Shelvey 72), Borini (Downing 56), Sturridge; Suarez.

0 komentar:

Post a Comment